5 Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Tidak Terbaca

5 Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Tidak Terbaca

Tidak jarang, banyak orang yang melakukan penyimpanan tambahan di hardisk eksternal. Penggunaan hardisk ini sangat membantu untuk menyimpan file yang jauh lebih besar ukurannya. Hanya saja, masalah yang kerap terjadi yaitu hardisk tidak bisa terbaca dengan baik. Tetapi, anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Terdapat cara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca paling ampuh.

Berbagai penyebab bisa saja mengakibatkan hardisk eksternal menjadi tidak terbaca. Sebagai pengguna, mungkin anda tidak menyadari akan hal ini. Padahal, bisa saja penyebabnya begitu kecil. Tetapi, jika file yang ada pada hardisk tersebut sangat berharga tentu membuat anda semakin bingung. Lalu, bagaimana cara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca? Kami akan membahasnya secara lengkap untuk anda!

Pilihan Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Tidak terbaca

Jika anda memiliki masalah berupa hardisk eksternal yang tidak terbaca, jangan bingung. Ini dia beberapa cara yang bisa digunakan:

1. Pindah Port Yang DiPakai

Setiap komputer memiliki cukup banyak port yang bisa anda gunakan. Jadi, cobalah untuk memindahkan terlebih dahulu port dari hardisk eksternal ke yang lainnya. Karena, masalah seperti ini bisa saja terjadi. Terutama, jika laptop anda memiliki 2 USB port yang berbeda yaitu 2.0 atau 3.0.

Maka, bisa disesuaikan dengan hardisk yang dimiliki. Cobalah untuk menggunakan port 2.0 terlebih dahulu. Jika masih belum bisa, maka ganti ke port 3.0. Masalah ini bisa ditangani dengan begitu mudah. Dijamin, hardisk akan menjadi terbaca!

2. Ganti Kabel USB

Penyebab selanjutnya yang bisa mengakibatkan hardisk tidak terbaca yaitu karena kabelnya. Jadi, peran dari kabel USB ini cukup penting sebagai pembaca. Jika kabel yang digunakan kurang berkualitas, maka dapat dipastikan bisa menjadi masalah pada pembacaan dari hardisk.

Lalu, bagaimana kabel yang bisa digunakan? Cobalah untuk menggunakan kabel yang memiliki kualitas baik. Tentunya, kabel yang original agar bisa membaca data dengan lebih baik. Pastikan kualitas kabel yang terbaik dan tidak memiliki masalah.

3. Menggunakan Write Zeros

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk memperbaiki hardisk eksternal tidak terbaca yaitu dengan Write Zeros. Sudahkah anda mengenal cara ini? Jadi, untuk cara ini yaitu mirip seperti melakukan format pada umumnya. Dengan penggunaan ini, maka akan membersihkan data secara penuh. Jadi, kemungkinan file yang tersimpan bisa saja hilang. Namun, cara ini akan membantu dalam memulihkan hardisk anda. Ikuti langkah berikut ini:

  • Download Aplikasi HDDGuru

Langkah pertama yang bisa anda lakukan yaitu dengan mendownload aplikasi HDDGuru. Penggunaan aplikasi ini memungkinkan agar bisa melakukan format dengan lebih cepat. Dibandingkan dengan cara yang manual.

  • Install Aplikasi

Kemudian, setelah anda mendownloadnya maka bisa dilanjutkan dengan proses install. Untuk proses ini membutuhkan waktu yang tidak lama. Pastikan semua proses berjalan dengan penuh.

  • Pilih Hardisk Eksternal

Pastikan anda memilih hardisk eksternal yang memang sesuai. Jangan sampai keliru, karena berbahaya jika anda salah dalam memilih hardisknya.

  • Lakukan Format

Setelah itu, akan muncul notifikasi mengenai format. Maka, anda bisa klik “continue”. Maka akan terjadi proses format, tunggu beberapa saat sampai proses tersebut selesai.

  • Cek Ulang Hardisk

Terakhir, anda bisa melakukan pengecekan ulang dari hardisk yang telah diformat. Sudah pasti, hardisk akan kembali terbaca!

4. Install Ulang Driver Hardisk

Masalah terjadi tidak hanya pada hardware saja, namun juga bisa pada bagian software. Karena, peran driver ini berguna untuk menyambungkan hardisk dengan komputer. Jadi, jika driver rusak bisa jadi hardware tidak terdeteksi. Masalah ini tentu sangat perlu untuk dilakukan penanganan. Karena, jika tidak bisa saja semua hardisk menjadi tidak bisa terdeteksi. Ini dia cara install ulangnya:

  • Klik kanan pada computer di bagian explore

  • Kemudian, pilih properties
  • Maka, akan tampil beberapa menu disebelah kiri
  • Pilih device manager

  • Lalu, anda bisa pilih pada bagian dari hardisk yang akan di install ulang
  • Klik kanan dan pilih update driver

  • Tunggu sampai driver telah update sepenuhnya
  • Terakhir, restart laptop dan sambung kembali hardisk eksternal

5. Ganti Letter Disk Management

Bisa jadi, masalah berupa letter yang tidak terdeteksi membuat hardisk menjadi tidak terbaca. Letter yaitu sebuah huruf untuk mewakili sebuah disk. Sebagai contoh C,D,E,F,G dan seterusnya.  Untuk itu anda bisa melakukan cara untuk menggantinya. Yaitu dengan memanfaatkan disk management agar bisa dilakukan pergantian dari letter. Simak secara lengkap caranya:

  • Masuk Ke Disk Management

Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan masuk ke disk management. Caranya, arahkan mouse ke bagian “search Windows”. Kemudian, ketikan “Disk Management”. Jika sudah muncul, selanjutnya anda bisa klik dan tunggu beberapa saat sampai tampil informasinya.

  • Pilih HDD Yang Tidak Terbaca

Meskipun HDD tidak terbaca pada file explore, tetapi di disk management ini bisa saja terbaca. Untuk itu, anda bisa memilih terlebih dahulu HDD yang tidak terbaca tersebut. Lalu, klik pada “Change Drive Letter And Path”.

  • Klik Add

Kemudian, anda bisa menambahkan letter yang diinginkan. Pastikan untuk penambahan letter ini berbeda dari yang sebelumnya.

  • Restart Komputer

Terakhir, anda hanya perlu melakukan restart dari komputer dan masukan kembali hardisk eksternal. Maka, dapat dipastikan sudah kembali terbaca! Sangat mudah bukan?

Nah, itulah cara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca. Bagaimana, sangat mudah bukan? Jadi, anda jangan buru-buru menuju ke tempat service. Tetapi. Gunakan saja beberapa cara diatas. Dijamin, hardisk eksternal akan terbaca! Selamat mencoba!

Leave a Comment