Cara Menampilkan Layar Android Ke Laptop Menggunakan USB

Cara Menampilkan Layar Android Ke Laptop Menggunakan USB

Pengguna ponsel pintar android saat ini berkembang dengan begitu pesat. Bahkan, masyarakat modern tentu sudah menggunakannya. Dengan menggunakan android, berbagai macam keperluan bisa dilakukan. Salah satunya yaitu untuk menampilkan layar android ke laptop. Dapat dilakukan begitu mudah hanya dengan memanfaatkan USB.

Menampilkan layar ke laptop dilakukan untuk bermacam keperluan. Seperti layar hp yang dirasa kurang lebar ataupun yang lainnya. Kini, untuk melakukan mirroring tersebut bisa dilakukan dengan begitu mudah. Hanya dengan menggunakan USB saja sudah bisa melakukannya. Bagaimana caranya? Ketahui cara menampilkan layar android ke laptop menggunakan USB pada artikel ini.

Cara Menampilkan Layar Android Ke Laptop Menggunakan USB

Untuk bisa menampilkan layar ke laptop, bisa menggunakan beberapa cara. Ini dia pilihan cara yang bisa digunakan:

Menggunakan Vysor

Menggunakan Vysor

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menampilkan layar ke laptop pada android menggunakan vysor. Jadi, penggunaan aplikasi ini bisa melihat sekaligus melakukan kontrol dari android melalui laptop. Tentunya, sangat memudahkan untuk berbagai macam keperluan anda. Bagaimana caranya? Ini dia cara lebih lengkapnya:

  • Lakukan USB Debugging

Lakukan USB Debugging

Langkah pertama yang perlu anda lakukan yaitu dengan melakukan USB Debugging. Jadi, fungsi dari hal ini akan sangat bermanfaat untuk membantu dalam menampilkan layar ke android. Untuk melakukan USB Debugging sangat mudah. Berikut caranya:

  • Masuk ke pengaturan
  • Lalu pilih developer mode
  • Aktifkan USB Debugging
  • Jika belum bisa, maka terlebih dahulu anda menuju ke build number dari smartphone
  • Lalu, tap kurang lebih 7 kali
  • Kembali lagi ke developer mode, lalu aktifkan
  • Download Dan Install Aplikasi Vysor

Download Dan Install Aplikasi Vysor

Selanjutnya, anda perlu melakukan download dari aplikasi vysor untuk perangkat android. Anda bisa mendownloadnya di playstore kemudian ketikan “vysor” maka akan muncul aplikasi tersebut. Download dan lakukan install dari aplikasi Vysor. Tunggu sampai semua proses install berjalan dengan baik.

  • Install Add Ons Vysor

Install Add Ons Vysor

Untuk bisa menampilkan layar di laptop, maka juga harus melakukan install dari add ons vysor. Disarankan untuk menggunakan aplikasi browser chrome. Anda bisa klik disini untuk melakukan download. Kemudian, install dan tunggu sampai proses pemasangan add ons pada chrome selesai.

  • Sambungkan HP dengan kabel USB

Langkah selanjutnya, anda bisa menyambungkan laptop dengan menggunakan kabel USB. Mungkin, disini beberapa orang memiliki masalah. Seperti tidak bisa connect, ataupun yang lainnya. Pastikan, anda menggunakan USB yang memang berkualitas. Karena, jika USB yang digunakan tidak sesuai justru membuat penggunaan menjadi tidak jelas.

Jika masih belum bisa connect, cobalah untuk mengganti portnya. Atau, anda bisa menggunakan kabel yang lainnya untuk melakukan pengecekan. Jika memang dirasa rusak sebaiknya bisa menggunakan kabel yang baru

  • Buka Apps Vysor Di Chrome

Buka Apps Vysor Di Chrome

Kemudian, anda bisa buka app vysor di chrome. Maka, akan tampil dashboard mengenai Vysor. Disinilah, terdapat informasi mengenai android yang akan ditampilkan ke layar. Jadi, setelah semua terkoneksi maka akan muncul nama dari android anda.

Jika ponsel anda masih belum terdeteksi, berarti terdapat masalah pada ponsel tersebut. Tentunya, diperlukan penanganan untuk dapat mengatasinya. Seperti cobalah untuk melakukan ganti kabel, port atau lainnya. Jika sudah muncul, anda bisa klik “View”.

  • Layar Android Sudah Tampil

Layar Android Sudah Tampil

Terakhir, anda akan bisa melihat secara langsung aplikasi yang memang sudah berjalan di laptop. Jadi, disinilah anda bisa melakukan berbagai macam keperluan. Tentunya, untuk menunjang kebutuhan anda.

Umumnya, masalah yang terjadi pada saat penampilan layar memang sangat biasa. Jadi, alangkah baiknya untuk anda melakukan beberapa perbaikan dasar terlebih dahulu. Jika sudah dilakukan, maka bisa saja smartphone anda yang belum support akan penggunaan fitur ini.

Cara menampilkan layar android ke laptop menggunakan USB diatas tentu masih bisa digunakan. Terlebih, memang sangat mudah untuk penggunaanya. Jadi, akan sangat membantu untuk keperluan anda. So, tunggu apa lagi? Coba sekarang juga!

Leave a Comment