Cara Mengembalikan File Flashdisk Yang Terhapus /Terformat

Cara Mengembalikan File Flashdisk Yang Terhapus /Terformat

File data tentu menjadi hal yang sangat penting bagi semua orang. Terkadang, penggunaan data yang berlebihan harus disimpan pada flashdisk. Namun, bagaimana jika file data tersebtu terkadang hilang? Jangan khawatir, karena anda bisa melakukan beberapa cara. Tentunya, cara yang memang cocok untuk dilakukan serta bisa mengembalikan file tersebut.

Adanya file yang terhapus tentu sangat membuat anda panik. Terlebih, jika file tersebut merupakan satu hal yang sangat penting. Sebenarnya, hal pertama yang harus anda lakukan yaitu jangan panik. Karena, kepanikan hanya membuat diri anda menjadi tidak fokus. Justru, tetap rileks dan lakukan beberapa cara yang memang bisa membantu untuk mengatasi hal tersebut. Ingin tahu apa saja caranya? Yuk, ketahui cara mengembalikan file flashdisk yang terhapus/terformat pada artikel ini.

Pilihan Cara Mengembalikan File Flashdisk Yang Terhapus/Terformat

Terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk dapat mengembalikan file tersebut. Namun, ada satu cara paling efektif yang saya tahu yaitu apa yang saya bagikan dengan Anda.

EaseUS Data Recovery 

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengembalikan file yang telah terhapus atau terformat pada flashdisk bisa mengguanan EaseUS Data Recovery. Aplikasi ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat. Tentunya, dalam menangani file yang terhapus atau terformat. Karena, bisa dilakukan pemulihan dengan cukup cepat. Tentunya, hanya dengan beberapa langkah saja sudah bisa melakukan recovery. Bagaimana caranya? Simak ulasannya ada pada artikel ini:

  • Install Aplikasi

EaseUS Data Recovery

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu melakukan install dari aplikasi. Anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu. Kemudian, bisa dilakukan installasi seperti biasanya. Pastikan anda menggunakan komputer yang memiliki spesifikasi baik. Meskipun, untuk penggunan dari aplikasi memang membutuhkan beberapa RAM. Tunggu sampai proses ini selesai.

  • Mulai Menggunakan

Mulai Menggunakan

Kemudian, untuk tahapan selesai penginstallan dari aplikasi maka bisa dilanjutkan untuk memulainya. Mungkin, pada beberapa device membutuhkan waktu yang cukup lama. Tetapi, tetap sabar dan tunggu sampai proses tersebut selesai.

  • Lakukan Scan

Lakukan Scan

Tahapan selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu dengan melakukan scan. Karena, pada tahapan ini memungkinkan untuk bisa mengembalikan kembali file yang telah hilang. Jadi, anda bisa pilih “disk” yang akan dilakukan scan. Kemudian, klik pada tulisan “Scan

  • Akan Muncul Cukup Banyak File

Akan Muncul Cukup Banyak File

Pada tahapan ini, maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan, untuk waktu yang diperlukan bisa saja beberapa jam. Memang, hal ini sangat membutuhkan waktu yang lama. Karena, akan melakukan scanning dengan kebutuhan yang banyak. Tidak heran, jika sangat memerlukan waktu. Tunggu sampai proses scanning ini selesi.

  • Proses Scaning Sedang Berjalan

Proses Scaning Sedang Berjalan

Disini, anda bisa melihat mengenai proses dari melakukan scanning yang masih berjalan. Tentunya, anda harus menunggu beberapa saat sampai proses tersebut selesai. Memang, dalam prosesnya membutuhkan waktu yang lama. Tetapi, hal ini demi file yang sudah terhapus bisa dilakukan recovery kembali. Jadi, tetaplah sabar sampai menunggu proses ini selesai.

  • Proses Scanning Selesai

Proses Scanning Selesai

Lalu, anda dapat melihat mengenai file dari hasil scanning yang terlihat secara jelas di bagian “Deep Scan Result”. Disinilah, anda bisa melihat mengenai file yang memang bisa dikembalikan kembali. Cobalah cek kembali apakah memang file anda yang terhapus tersebut sudah dikembalikan kembali. Karena, jika file yang sudah hilang belum kembali dapat dipastikan tidak bisa dikembalikan lagi.

  • Proses Restore

Proses Restore

Setelah itu, pada tahapan inilah anda melakukan restore. Untuk melakukan restore maka sangat mudah dilakukan. Yaitu, anda hanya perlu melakuakn ceklist pada bagian folder yang ingin dilakukan restore seperti pada gambar. Pastikan, semua file yang penting dan ingin dikembalikan semuanya dilakukan ceklist.

Jika sudah, maka anda bisa klik pada tulisan “recover”. Setelah itu, anda akan diarahkan pada kolom untuk tempat dari recoverynya. Disini, anda disarankan untuk menggunakan disk yang baru ataupun lainnya. Mengapa demikian? Karena, untuk menghindari adanya crash atau hal buruk lainnya. Tentunya, hal ini juga demi keamanan agar file yang direcovery bisa berjalan dengan baik tanpa adanya hambatan.

  • Proses Tunggu Recovery

Proses Tunggu Recovery

Selanjutnya, akan tampil informasi mengenai pilihan untuk bisa melakukan recovery. Disinilah, anda akan diarahkan pada tampilan dari informasi recovery tersebut. Tentunya, anda diharuskan kembali menunggu beberapa saat. Jika ingin proses recovery cepat maka anda jangan membuka aplikasi yang lainnya. Melainkan, hanya menunggu proses ini agar berjalan dengan lancar dan aman.

  • Proses Recovery Selesai

Proses Recovery Selesai

Jika proses tersebut sudah selesai sepenuhnya, maka anda akan diarahkan pada halaman yang bertuliskan recovery selesai. Memang, proses ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Bahkan, bisa jadi beberapa lama waktu yang diperoleh untuk melakukannya. Tentunya, menjadi hal yang memang harus untuk dapat ditunggu. Setelah proses recovery ini selesai maka selanjutnya anda bisa klik pada tombol dengan tulisan “OK”.

  • Cek File Hasil Recovery

Cek File Hasil Recovery

Tahapan terakhir yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan cek dari hasil recovery. Karena, hal ini penting untuk dapat mengetahui apakah file memang sudah dikembalikan atau belum. Karena, jika file sudah dikembalikan secara penuh tentu akan terdaat pada folder tersebut. Hasilnya seperti pada gambar diatas.

Bagaimana, sangat mudah bukan? Cara mengembalikan file flashdisk yang terhapus/terformat dengan metode diatas tentu sangat bisa untuk anda lakukan. Jadi, jangan buru-buru dalam mengatasi data yang hilang. Dijamin, cara diatas ini sangat ampuh dan bisa anda gunakan. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment